Monday, March 28, 2016

Cara Mengatasi Play Store Tidak Ada Koneksi

Play Store merupakan toko resmi Android yang di dalamnya menyediakan banyak aplikasi yang dapat diunduh dan digunakan oleh para pengguna perangkat Android. Dengan mengunduh aplikasi melalui Play Store pengguna tak perlu khawatir lagi masalah malware karena aplikasi yang telah masuk ke dalam Play Store aman. Ini dikarenakan pihak Google sendiri telah memeriksa secara ketat setiap aplikasi yang akan masuk ke dalam Play Store.

Dengan kemudahannya tersebut, terkadang Play Store juga memiliki masalah salah satunya seperti Play Store mengalami gangguan seperti “tidak ada konektivitas untuk mengakses”. Untuk mengatasi hal tersebut seebenarnya mudah asalkan pengguna mengetahui beberapa cara yang harus dilakukan. Pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai beberapa cara mengatasi Play Store tidak ada sambungan atau tidak ada koneksi.

Berikut beberapa Cara Mengatasi Play Store Tak Ada Koneksi

Cara pertama untuk mengatasi Play Store tak ada koneksi adalah dengan memastikan bahwa koneksi internet pada smartphone Anda sedang dalam keadaan baik. Cara paling ampuh dalam memastikan apakah koneksi Anda sedang lancar atau tidak adalah dengan menggunakannya untuk keperluan seperti browsing internet atau juga mencoba aplikasi sosial media. Apabila untuk browsing saja tak bisa maka dapat dipastikan bahwa internet pada smartphone Anda sedang mengalami gangguan. Untuk solusinya silahkan membuat mode pesawat terlebih dahulu dan kemudian aktifkan lagi paket data yang Anda gunakan. Setelah itu barulah buka aplikasi Play Store kembali.

Cara mengatasi Play Store tak ada koneksi yang kedua adalah dengan mengatur ulang waktu dan juga tanggal pada smartphone yang Anda gunakan. Ini dikarenakan pengaturan waktu dan tanggal juga akan berpengaruh pada koneksi internet dan juga Play Store. Jika koneksi internet pada smartphone Anda berjalan dengan lancar maka jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada waktu dan tanggal. Apabila ternyata pengaturan waktu dan tanggal tidak sesuai dengan benar maka sebaiknya Anda segera mengaturnya.

Menghapus cache pada Play Store menjadi cara mengatasi Play Store tak ada koneksi berikutnya. Cache sendiri akan muncul setelah penggunaan. Cache merupakan tempat penyimpanan dari data secara sementara. Tiap aplikasi pastinya memilki file cache begitu juga dengan aplikasi Play Store. Pasalnya cache yang akan dibiarkan dalam jangka waktu lama maka akan mengakibatkan kinerja menjadi lemot dan juga terganggu. Jika Play Store memiliki cache banyak maka dapat mempengaruhi kinerjanya padahal koneksi internet sedang lancar. Nah untuk mengatasi cache Anda dapat masuk ke dalam pengaturan kemudian aplikasi dan pilih Play Store. Setelah itu barulah pilih menu “Clear Cache” pada bagian bawah.

Hapus Google Account yang Anda gunakan. Apabila cara di atas tak juga bisa mengatasi hal tersebut langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghapus Google Account yang Anda gunakan. Hapus dengan cara log out terlebih dahulu, kemudian juga restart smartphone yang Anda lakukan sampai dengan menyala kembali. Nah setelah itu barulah Anda dapat mencoba log in kembali dengan menggunakan account Google Anda kembali. Secara umum cara ini cukup efektif dalam mengatasi Play Store yang tak ada koneksi atau sambungan.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Play Store tak ada koneksi. Silahkan dicoba terlebih dahulu pada smartphone Android yang Anda gunakan.

Baca

No comments:

Post a Comment